Kamis, 22 Maret 2012

Silaturahmi Adalah Salah Satu Keunggulan Agama Islam


Hujjatul Islam Sayid Ibrahim Hosseini menyatakan, "Al-Quran sangat menekankan pentingnya menunjukkan cinta dan kasih sayang di dalam berbagai kesempatan."

Menyinggung peringatan tahun baru kalender Persia yang tinggal beberapa hari lagi, Hosseini mengatakan bahwa tahun baru adalah salah satu waktu yang tepat untuk bersilaturahmi.

Dalam wawancaranya dengan Fars News (15/3), Hosseini mengatakan, "Salah satu kriteria Islam adalah dimensi rahmat, cinta, dan hubungan kasih sayang antarumat Islam dan juga penekanannya dalam masalah keluarga."

Menurutnya, filsafat pembentukan rumah tangga sebagai pondasi masyarakat adalah penyebaran cinta kasih dan rahmat. Dalam surat al-Rum ayat 21 Allah Swt memerintahkan agar manusia menggunakan kesempatan yang ada untuk saling mengasihi dan menyayangi.

«وَمِنْ آیَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَکُم مِّنْ أَنفُسِکُمْ أَزْوَاجًا لِّتَسْکُنُوا إِلَیْهَا وَجَعَلَ بَیْنَکُم مَّوَدَّةً وَ رَحْمَةً»

Dan silaturahmi adalah satu satu cara untuk menunjukkan cinta dan kasih sayang.
 
Peniliti di Lembaga Riset Imam Khomeini ra ini lebih lanjut menjelaskan, "Silaturahmi termasuk ibadah yang memiliki banyak manfaat termasuk pengampunan dosa-dosa, memanjangkan umur, serta kemuliaan di dunia dan ampunan di akhirat kelak. Dan oleh karena itu, niatkan untuk beribadan ketika bersilaturahmi. (IRIB Indonesia/MZ)

0 komentar:

Posting Komentar