Kamis, 24 November 2011

Cara Membuat, Pembuatan USB Extender, Extended Modem

Cara Membuat, Pembuatan USB Extender, Extended Modem. Untuk dapat menempatkan USB Modem atau USB WiFi pada ketinggian yang berjarak agak jauh dari komputer, diperlukan adanya perpanjangan kabel USB atau yang sering disebut USB Extender . Dipasaran memang banyak USB Extended atau perpanjangan USB namun untuk panjang 5 meter ke atas tentunya sangat sulit dan sangat mahal. Berikut cara membuat USB Extender atau perpanjangan USB Extended untuk Modem AirCard ataupun Wireless-LAN. Berikut alat dan bahan untuk pembuatannya :
  1. Kabel UTP merk Belden yang bagus (agar tahan cuaca) dengan panjang kira2 = 5  meter atau sesuai kebutuhan. Maksimal 10-meter
  2. USB Extender / Perpanjangan USB = 1 set yang paling pendek klu ada
  3. Isolasi kabel warna hitam yang biasa digunakan untuk instalasi listrik
  4. Kondom Kabel / selongsong karet kecil untuk menutup sambungan kabel. Anda dapat membuatnya dari pembungkus luar kabel
  5. Isolator atau pipa listrik maspion = 2 buah masing2 panjang sekitar 10-cm
  6. Solder, Tang Potong dan Lem Bakar
Langkah Pembuatan USB Extender :
  1. Potong USB Extended / Perpanjangan USB yang mau diperpanjang kira-kira 5-cm dari kepala konektor, kupas  selongsong kabel, disitu ada 4 kabel masing2 berwarna merah, hitam, hijau dan putih. keterangan ; kabel merah = untuk tegangan 5VDC dari Port USB pada komputer, kabel Hitam = Ground (Nol), kabel Hijau dan Putih = Data + dan Data -.
  2. Kupas kedua ujung kabel UTP kira2 5cm dari ujung selongsong kabel,  disitu terdapat 4 pasang kabel masing2 : Coklat-CoklatPutih, Orange-OrangePutih, Biru-BiruPutih dan Hijau-HijauPutih. Berikutnya, kupas isolasinya sehingga kelihatan tambaganya
  3. Sambungkan kabel Hijau dari kabel UTP dengan kabel Hijau dari kabel Extender USB yang telah dipotong.
  4. Sambungkan kabel HijauPutih dari kabel UTP dengan kabel Putih dari ExtendedUSB yang telah dipotong.
  5. Gabungkan kabel Orange-OrangePutih (2 kabel digabung jadi 1) pada kabel UTP, kemudian sambungkan gabungan kabel tadi dengan kabel Merah dari usb Extender yang telah dipotong.
  6. Gabungkan kabel Coklat-CoklatPutih dengan kabel Biru-BiruPutih (4 kabel digabung menjadi 1), kemudian sambungkan gabungan kabel tadi dengan kabel Hitam dari Extended USB yang telah dipotong.
Potongan Konektor USB  dan UTP :

Kable UTP dan Konektor USB :

USB Extender 5-meter :

Anda ingin mengetahui berapa Kecepatan Koneksi Internet Anda..? Dengan software di bawah ini Anda dapat melakukan test kecepatan koneksi internet dari Server manapun.
Software Speedtest Internet
Jangan lupa masing-masing sambungan pada USB Extender disolder, dibungkus kondom kabel atau diisolasi. Selanjutnya masukkan kabel ke dalam pipa listrik atau langsung diisolasi sehingga menutup seluruh sambungan kabel tadi dan kalau perlu isi pipa tadi dengan Lem Bakar (khusus untuk pemasangan di luar) sampai penuh atau cukup menutupi ujungnya saja. Pastikan air hujan tidak bisa masuk.
Nah Pembuatan USB Extender selesai dan Extended siap digunakan. Cobalah dulu menggunakan Flashdisk, kalau OK berarti USB Extended siap digunakan untuk Modem atau Wireless-LAN.
Pengalaman saya dalam membuat USB Extender, panjang total efektif untuk Modem adalah tidak lebih dari 10 meter. Di atas 10 meter komunikasi data sering error dan drop bahkan untuk beberapa jenis modem terjadi Not Found Detected Device artinya Modem tidak terdeteksi meskipun untuk flashdisk OK.
Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut bisa dipasang USB Repeater.. namun harganya cukup mahal,.. sebagai contoh USB Repeater sepanjang 5 meter berharga Rp.300 ribuan !!
Atau bisa dicoba dipasang USB Power Injektor, yaitu dengan memberikan Catu Daya tersendiri pada Modem/Wireless seperti halnya pada Access Point. Dengan Rangkaian tersebut USB Extender bisa diperpanjang sampai dengan 10-12 meter. Nah, sederhana bukan cara membuat USB Extended Modem dan Wireless..?

0 komentar:

Poskan Komentar