Senin, 30 April 2012

Sifat Orang - orang Bertakwa


Sesungguhnya, ketika Allah Swt mencipta makhluk-Nya, Dia mencipta mereka dalam keadaan tidak butuh akan ketaatan mereka dan tidak cemas akan pembangkangan mereka. Maksiat apapun yang dilakukan orang takkan menimbulkan suatu mudarat bagi-Nya. Sebagaimana ketaatan orang yang bagaimana pun juga takkan mendatangkan sedikitpun manfaat bagi-Nya.
Dialah yang membagikan segala kebutuhan hidup mereka. Dan Dia pulalah yang meletakkan mereka masing-masing di tempatnya dalam dunia ini.
Maka orang-orang yang bertakwa, merekalah manusia-manusia bijak bestari. Kebenaran merupakan inti ucapan mereka, kesederhanaan adalah pakaian mereka, dan kerendahatian mengiringi gerak-gerik mereka.
Mereka tundukkan pandangan mereka terhadap segala yang diharamkan Allah. Dan mereka gunakan pendengaran mereka hanya untuk mendengarkan ilmu yang berguna.

Jiwa mereka selalu diliputi ketenangan dalam menghadapi cobaan, sama seperti dalam menerima kenikmatan. Dan sekiranya bukan karena kepastian ajal yang telah ditetapkan, niscaya ruh mereka takkan tinggal diam dalam jasad-jasad mereka walau hanya sekejap, baik disebabkan kerinduannya kepada pahala Allah atau ketakutannya akan hukuman-Nya.

Begitu agungnya Sang Pencipta dalam hati mereka, sehingga apasaja selain Dia menjadi kecil sekali dalam pandangan. Begitu kuat keyakinan mereka tentang surga, sehingga mereka rasakan kenikmatannya seolah telah melihatnya. Dan begitu kuat keyakinan mereka tentang neraka, sehingga mereka rasakan azabnya seakan telah menyaksikannya. Hati mereka selalu diliputi kekhusukan. Tak pernah orang mengkhawatirkan suatu gangguan dari mereka. Tubuh-tubuh mereka kurus-kering, kebutuhan-kebutuhan mereka amat sedikit, jiwa-jiwa mereka terjauhkan dari segala yang kurang patut.

Mereka bersabar beberapa hari dan memperoleh kesenangan langgeng sebagai pengganti. Itulah perdagangan amat menguntungkan yang dimudahkan Allah bagi mereka. Dunia menghendaki mereka, namun mereka tidak menghendakinya. Ia menjadikan mereka sebagai tawanan, namun mereka berhasil menebus diri dan terlepas dari cengkramannya…

(Pidato Panjang Imam Ali tentang sifat-sifat kaum bertakwa, dikutip sebagian dari Nahjul Balaghah)

0 komentar:

Posting Komentar